Selasa, 23 Februari 2016

Archipelago : Pantai Goa China

Welcome back !!! Lama nih author kagak posting :) and now time for new post !
Well, kali ini aku akan nge-post wisata alam dari negeri kita tercinta, Nusantara.Yap, Nusantara nggak bakal yang namanya kehabisan kata " WOW " dari luar negeri karena keindahan alamnya yang menakjubkan.Salah satunya adalah Pantai Goa China yang bakal aku bagikan ini.Langsung aja, Pantelengin info aku ya ..

Pantai Goa China adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah, namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang China yang sedang bertapa di dalam gua yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular daripada Goa China sampai sekarang. Tidak ada catatan resmi tahun berapa tragedi itu terjadi, namun warga sekitar pantai meyakini sekitar 20 tahunan silam. 

Gua di salah satu pulau karang

Dari Pantai Bajulmati, Desa Gagahrejo, Kecamatan Gedangan menuju Pantai Goa China ini hanya perlu waktu 15 menit saja karena kedua pantai ini hanya berjarak tak lebih dari 7 km. Aksesnya pun sangat mudah karena melewati jalur lingkar selatan (JLS) dengan aspal yang mulus. Terdapat petunjuk arah dan rambu yang akan memandu pengunjung untuk menuju lokasi. Tetapi Anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan berada di sisi jurang.
 
Pulau karang ditengah-tengah laut


Rute lain yang bisa diakses yaitu melewati daerah Turen – Dampit – Sumbermanjing.Rute ini sangat berat juga menantang adrenalin karena jalan yang dilalui berliku yang dilengkapi dengan tanjakan dan turunan yang tajam serta jurang dan lembah pegunungan kapur.Meskipun rute yang dilalui sangat berat, tetapi sebanding dengan pemandangan alam yang disuguhkan disepanjang perjalanan.Setelah melalui rute tersebut, kita akan menemukan persimpangan jalan dengan penunjuk jalan menuju ke kawasan Pantai Sendang Biru atau ke Pantai Goa China.Setelah melalui persimpangan, anda akan menemukan jalan pedesaan kecil yang bertanah kapur kombinasi merah yang diratakan seadanya.Jalan ini merupakan satu - satunya akses langsung menuju Pantai Goa China.Di kanan kiri jalan akan kita temukan rumah-rumah penduduk yang jarang dan masih tradisional.Jangan heran bila anda akan banyak menemukan anjing maupun babi yang berkeliaran disana-sini, karena hewan itu memang hewan liar juga hewan peliharaan didaerah tersebut.

Setelah melewati medan yang cukup berat untuk mencapai Pantai Goa China, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan juga asri.Untuk bisa masuk ke Pantai Goa China ini kita akan dikenai tiket Rp 4.000 per orang dan tiket parker sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan besar.Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, yaitu sekitar 3 kilometer.Akan sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan menyusuri setiap jengkal pantai ini.Selain garis pantai yang panjang, Pantai Goa China juga memiliki air yang berwarna biru kehijauan yang sangat bening dan menyegarkan mata.Pantai ini juga dilengkapi dengan karang koral yang indah disepanjang garis pantai yang semakin menambah indah pantai tersebut.

Garis pantai yang panjang

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu di pantai ini kita dilarang untuk mandi di laut dikarenakan gelombang air laut yang cukup tinggi dan kuat yang disebabkan karena pantai ini menghadap langsung menuju Samudra Hindia.

Yap, mungkin segitu dulu info yang admin bagi kali ini.Semoga info yang sedikit ini membawa manfaat bagi anda yang ingin berkunjung kesana.See you next time ..
 
 

0 komentar:

Posting Komentar